...

Rabu, 11 Juni 2014

Post--Mempunyai Seorang Ayah Demensia (part 2)

bismillahirrahmanirrahim

Ceritanya sekarang tampilan blognya udah nggak ada archivenya lagi. Soalnya malu isinya ga-jelas-banget sekitar 10 post terakhir.

Jam 0:24 dini hari Rabu. Mau share apa ya? Oh. Ya.

Jadi gini, Papa sekarang semakin akut demensianya. Akut gimana? Owkey, akan ane jelasin walaupun sebenernya ada beberapa yang harus disensor (nggak juga sih sebenernya).

1. Semakin sering pipis dimana-mana, termasuk "markas" ane, Mama dan Yana. Alhamdulillah baru sekali. Jangan lagi-lagi deh, ntar kamarnya bau nggak keru-keruan kayak kamar Papa. Kok bisa? Iya, kamar Papa paling sering dipipisin. Bersihin pipis, kebauan pesing, kaki kecipratan pipis, bukan hal yang tabu bagi ane. Penasaran nggak gimana bersihinnya? Jadi, tau karet buat dorong air? Ane juga gatau nama resmi itu alat apa, kan kalo sapu jelas yah. Sapu gitu. Pengki juga semua orang pasti tau. Tapi kalo ane bilang "dorongan air". Kayaknya belu tentu semua orang tau. Owkey..seems I will just pop the picture (RIP English, sorry. I'm just tryin' to learn. :p)


Suer, baru tau detik ini kalo ini namanya pel karet.

Nah eta tah. Pake pel karet, sama pengki gitu. Jadi pipisnya disatuin jadi satu (gimana yah, dikumpulin, gitu) trus baru diserok ke pengki. Trus buang deh ke kamar mandi. Gitu aja sampe bersih dari pipis murni. Nah kan kadang suka masih ada setetes dua tetes pipis di lantai. Disiram lah pake air bersih, diserok sampe kering. Bagian yang pake air bersih ini dua kali. Akhir-akhir ini karena baunya sudah keterlaluan, ditambah sesi ketiga, yaitu pake air larutan karbol. Didiemin dulu sesaat sampe meresep ke lantai, barulah abis itu diserok sampe kering.

Maaf yah, agak vulgar. Emang gitu sih kenyataannya.

2. Apalagi ya? Paling (tetep) suka ngamuk-ngamuk sendiri. Paling sering sih ngamuk pas dimandiin. Jadi Mama lagi nyabunin atau nyiramin badan Papa gitu, eh tiba-tiba Papa teriak, "NGGAK TAU!" Terus Papa keluar deh dari kamar mandi. Ya, nggak pake handuk. Yihiii~ Yap, kamar mandinya nggak diselot, dibuka malah pintunya. Abis kalo Papa ngamuk suka ninju-ninju Mama, kekuatan tinjunya nggak berkurang dari zaman muda. Serem yah. 

Suka maklum sendiri aja sih, emang kalo udah tua kan jadi makin sensitif sama air, mungkin Papa ngerasanya dingin banget kali, ya. 

3. Aduh minta yang ketiga, lagi. Apa ya? Ohya. Everything's change. Kerasa banget perubahannya. Dulu, zaman pas ane lulus mts, Papa masih nyetir. Walaupun nyetirnya pelan, di tengah, ya gitu lah sering diklaksonin orang. Kalo nggak di tengah, nyelip-nyelip di bahu jalan kayak angkot. Yang di dalem mobil mah cuma bisa ngelus-ngelus dada. Trus ada Tante Fenti. Bantuin Mama kemana-mana, nagih tagihan air, survey lokasi, dll. Pas ini Papa mulai bisa diminta untuk nggak nyetir. Walaupun kadang Papa tiba-tiba suka nangkring duluan di kursi sopir, biar Tante Fenti nggak nyetir. Papa emang orangnya gitu sih. Kerasan. Papa masih merasa sebagai seorang "kepala keluarga" walaupun udah stroke ringan dan syarafnya agak terganggu. Lanjut, entah gimana ceritanya Tante Fenti digantiin sama suaminya, Kang Syahri. Kalo pas ini, Papa udah ngerelain mobil dibawa sama Kang Syahri, karena emang beliau orangnya ramah banget. Banget-bangetan, soalnya orang kayak Papa yang ngomongnya udah berulang-ulang aja tetep diladenin. Jadi Papa suka banget sama Kang Syahri. Tante Fenti juga ramah banget, tapi entah ya mungkin karena ngerasa bukan sesama lelaki jadinya Papa waktu itu juga agak kurang nyaman (kelihatannya). Era berganti. Kalo nggak salah Kang Syahri ini sakit. Akhirnya mulai Mama bawa mobil sendiri, seperti zaman dahulu di Padang~ Apa di Sambas? Apa di Batam? Lupa, soalnya ane juga belom lahir, kan. Cuma diceritain aja. Awalnya juga Papa masih ikut kemana-mana. Dan sekarang, Papa lebih banyak di rumah aja karena kalo dibawa-bawa repot banget. Pipis dimana-mana. Ane sih muka badak aja. Tapi ternyata Mama nggak bisa secuek itu dan tetep punya rasa malu (nggak kayak ane HAHAHA).

Jadi..sekarang kalo mau pergi-pergian ada yang jagain Papa, ada yang nemenin Mama. Everything's change. For real.. 

Udahlah, ngebacanya jangan nangis gitu dong. Nggak sesengsara itu, kok. Ane juga masih bisa ketawa, ngebanyol sama Yana dan Mama. Doain aja biar kita-kita ini diberi kekuatan. Sama bersyukur aja yaa yang punya bapak yang normal (dengan segala kekurangannya). Udahlah, udah jam 1 nanti tahajjudnya kelewat. Bye! :)


1 komentar:

  1. Kamu sama keluarga kelihatannya tegar dan bahagia ya, yani. :) Papa saya juga demensia dan saya kadang capek, jadi malu baca blog kamu.

    BalasHapus