...

Jumat, 20 Juni 2014

Another little thing, to my big dreams.

bismillahirrahmanirrahim..

Bahasa inggrisnya bener nggak ya? Hehe.

Alhamdulilaahh, kemaren jadi satu sejarah dan pengalaman lagi dalam hidup ane #tsahh. Bukan, bukan lolos ITB. Belum. Kemaren itu ceritanya abis ujian keterampilan seni rupa di UNJ. (yak selamat kepada anda yang telah menemukan post ini, karena ane bakal nyeritain gimana teknisnya ujian keterampilan di UNJ, (tahun ini)). Jadi gini ceritanya..

Ane ujian keterampilan di hari kedua. Alasannya? Ada lah, sesuatu yang nggak bisa diceritain disini,  yeah kita harus mempelajari pengalaman orang lain. Nggak jelas? Oke, maaf. Tapi..mungkin ada yang tahu maksud ane. Lanjuut!

Rundown dimulai jam 7 pagi. Setelah mengantri kira-kira 15-20 menit, ane mendaftar dan menyerahkan beberapa berkas. Apa aja berkasnya? Pas foto 4x6 dua lembar dan fotokopi slip pembayaran 2 lembar. Daaan (sebenernya) ane nggak tahu prasyarat ini, and I hate this kind of situation. Nggak juga sih. Lanjut. Alhamdulillahnya ane tahu gosip-gosip disuruh bawa foto 4x6, jadi ane bawa di map dan tinggal fotokopi slip pembayaran. Setelah fotokopi dan beli alas gambar A3 seharga 25 ribu, ana sok-sok baca majalah National Geographic bahasa inggris yang edisi tahun 1996. September 1996, baru 2 bulan ane pas majalah itu terbit. Beli di blok m, lumayan cuma 8ribu tapi pengetahuan yang didapet tetep sama kan? Pengetahuan manusia itu terbatas, jadi sejadul apa-pun buku itu dan seberapa murah buku itu, sama sekali nggak ngurangin its value. Bahasa inggris? Emang ngerti ni? Ya pura-pura ngerti ajalah ya, orang genius biasanya gitu kan? :P bukan, maksudnya bukan ane jenius or something else but I'm just try to learn, from little tiny things.

Okeee, ini sudah menyimpang terlalu jauh, kasian yang lagi nyari info :P (merasakan banget nyari-nyari info gini, apalagi nggak bimbel haha). Sebenernya jam 8.30 udah boleh masuk ke gedung RA Kartininya, cuma ane sebenernya nungguin kakak panitia yang bakal nyuruh-nyuruh, "ayo dek, kita ke atas" atau semacamnya. But then I realized ane udah teralu gede untuk disuruh-suruh kayak gitu, hahahahaha. Langsung lah cao ke lantai 5. Ke ruang 2. Disitu belum ada siapa-siapa. Yaudah ane duduk aja di depan kelas, kebetulan ada kursi-kursi kampus gitu nganggur. (ituloh kursi yang ada mejanya, apasih namanya? wkwk). Sampai akhirnya ada seorang cewek yang namanya Gita, tiba-tiba nyodorin tangannya buat salaman dan bilang, "kenalan dong, gue Gita." dan tring! Dapet temen baru, hehehehe.

Setelah ngobrol-ngobrol sama Gita dan Syifa (yang ane tahu namanya pas Gita kenalan sama Syifa, wkwk), sekitar jam 9 kakak-kakak panitia mulai memasuki ruang kelas. Kita juga disuruh masuk, duduk di kursi kampus yang ada nomer pesertanya. Dalam bayangan ane sih bakal lesehan, ternyata beda. Jadi di ruangan itu kursi kampusnya disusun tapal kuda, center of pointnya itu ada kardus, yang di atasnya ada benda berbentuk tabung dan kerucut. Ane ada sih fotonya, cuma jangan dikasih lah biar seru HAHAHAHA. Ternyata sesi pertama (gambar bentuk) dimulai jam 10. Alhasil 1 jam itu gabut-gabut gitu deh plus nemenin Gita ke toilet jadi nggak terlalu lama nungguinnya. Ane sebenernya menikmati banget, apalagi ac di ruangan ane super duper dingin (di rumah nggak pasang ac, jadi lebay dikit gapapa). Kasian yang di ruangannya ac nya panas v.v

Skip aja ya gimana ane ngerjainnya, hasil gambarnya not bad lah. Not good juga tapi haha. Break 30 menit, tapi nggak boleh jajan soalnya tempat jajannya jauh, jadi takutnya ketinggalan sesi kedua. Karena di sesi kedua yang mulai jam 11.30 ini dikasih waktunya 30 menit, ngepas sama adzan zhuhur. Eh ternyata 45 menit, yang tertera di kertas soalnya. Di gambar kreatif ini ada 3 halaman. Bayangin ada satu halaman landscape, di atasnya ada perintah nya dan di tengah kertas ada 3 kotak berisi garis-garis random yang sama. Sempet kaget juga, karena ngira yang dites itu wartegg test. Wartegg, bukan warteg. Karena wartegg itu nama orang, sedangkan warteg itu nama warung makan. Sempet kaget juga, karena 3 kotak itu isinya garis-garis randomnya sama semua. Dituntut banget ide-ide yang fresh nih. Itu kan ada 3 halaman, setiap halaman garis randomnya beda. Ngerti nduk? Iya gitu lah ya. Di awal, ane gagap, karena garisnya kaku, beda sama di halaman kedua dan ketiga, garisnya lengkung. Di halaman kedua dan ketiga, lumayaan. Selesai di 35 menit :3.

Lanjut ishoma 45 menit, langsung gambar ekspresi. Jangan harap cuma disuruh gambar ekspresi marah, seneng, sedih, bingung, dll. Tapi maksudnya disini adalah gambar suasana..(di kota santri~) Ada tiga suasana yang kita pilih satu aja buat digambar ke kertas A3. Betenya, pas lagi gambar suasana, kakak-kakak pada ngeliatin mulu -__- bukan ngeliatin ane doang maksudnyaa. Jadi minder kan kalo diliatin walaupun sekilas-kilas. Ada juga sih yang netep satu menitan buat ngeliatin -,-. Intinya, di gambar suasana ini adalah strategi. Soalnya gambar suasana itu campuran antara gambar realis dengan gambar kreatif, kan. Siapin strategi gimana caranya dalam 90 menit itu bisa hasilin gambar yang unik out of the box, tapi juga estetikanya ada (jangan kayak ana nggak ada yang diarsir:)). Ohya, tips dari ana, hasil browse sana-sini (lebay, nggak se sana sini itu), kalo gambar suasana itu selain ide yang uniq, tapi juga ada center of viewnya. Ada "kejadian"nya.

Teng! Jam 14.30 waktu menunjukan. Waktu untuk gambar suasana habis, saatnya pulang! :D

Dah, itu aja dari ane. Semoga bermanfaat! ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar