...

Minggu, 08 April 2012

Kebaikan

Luas banget yah judulnya. Yeah, bisa berarti "terlalu baik", atau berarti kata benda dari baik. Sekarang saya (hadeh kemaren gua, kemaren aku, sekarang saya. lol) akan membahas kebaikan, dari kedua maknanya.

Kemarin pagi, saya baru saja diberi wejangan oleh ibu saya tentang kebaikan. Setelah diberi wejangan, bukannya ada pencerahan, malah semakin banyak tanda tanya yang timbul di benak saya. Beliau memberi wejangan seperti ini, "Kamu tuh ya, kalo diminta tolongin orang, ya dipikir-pikir dulu. Kamu pikir, ini sesuai ga sama kemampuan saya.. (kebetulan saya diminta tolong yang menggunakan alat elektronik) kalo buat tolongin orang, ni barangnya rusak apa engga.. gitu. Jangan asal, oh iya iya, bisa bisa.. Kan itu barang elektronik, kalo dipake banyak banyak, lama, jadi rusak, kan.." Nah, yang jadi pertanyaan, bagaimana dengan orang-orang super baik yang saya kenal di luar sana? Sampe suka nraktir gitu, kayaknya kalo mau beri kebaikan dia ga mikir dulu? Apakah sampe di rumah dia juga dimarahin, "Kamu tu jangan suka nraktir orang, nanti uang kamu abis.." begitukah? Saya kira tidak. Saya kira orang tua orang super baik itu juga super baiknnya, ga pernah mikir dua kali kalo mau nolongin orang. Yeah, seharusnya jangan ambil contoh nraktir, ya.  Yah anggaplah yang nraktir tadi diubah jadi perbuatan baik lainnya. Tetep ga berubah kan? Maksudnya tetep ga mikir dua kali kan kalo mau nolongin orang? Atau saya yang masih gabisa bedain antara nolongin orang dengan diperbudak? Masalahnya, sekalinya saya mikir, "Pikir pikir dulu kalo mau nolongin orang," saya jadi jarang nolongin orang, gitu. Tapi sekalinya saya mikir, "Yaudah tolongin aja, jarang banget lu nolongin orang," kok jadi banyak yang minta tolong, dan sayanya kewalahan, ya?

Sampai saat ini, saya masih belom bisa bedain nolongin orang sama dibudakin orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar