...

Jumat, 24 Oktober 2014

Jalan-Jalan ke Pameran

bismillahirrahmanirrahim

Yuhu~ ketemu lagi sama ane ^3^ sekarang ane mau nyeritain pertama kalinya ane ke sebuah pameran karya seni dan desain. Uniknya, ane itu ke sebuah pameran yang konsepnya emang nyuguhin karya seni bercampur dengan desain, kalo anak desain/seni pasti taulah betapa bertolak belakangnya seni dan desain itu walaupun ada mirip-miripnya. Nahloh, emang apa bedanya seni sama desain? Kayaknya sama juga deh, sama-sama jago gambar dan sama-sama menarik secara visual. Nah itu ane bahas lain kali ya insya Allah. Sekarang ane mo nyeritain dari awal gimana caranya kita bisa tahu event ini sampe di tkp itu gimana ceritanya...

Jadi awalnya, kita anak-anak DKV dikasih tau sama seorang dosen. Beliau ini ngasih tau kalo lagi ada pameran karya seni dan desain di daerah Kemang. Setelah diceritain sedikit gimana uniknya pengalaman beliau pas tahun lalu kesana, langsunglah kita bikin rencana untuk mampir ke Kemang. Event itu adalah ICAD, Indonesia Contemporary Art and Design. Event ini udah diselenggarain yang ke-5. DI tahun yang kelima ini, ICAD bertemakan "Ayatana". Ayatana ini sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti indera kemanusiaan.

Singkat cerita, nyampelah kita di Hotel Grand Kemang, di kawasan Jakarta Selatan. Dann nggak seperti postingan lainnya yang biasanya pake angkutan umum, kali ini ane nebeng sama temen jadi ane nggak bisa ngejelasin naik apa kalo ke Hotel Grand Kemang. (sedih). Oh ya, mungkin satu hal yang bisa ane ceritain tentang transportasinya, parkir motornya itu di belakang hotel. Jadi di sebelah hotel itu ada gang, nah luruus aja sampe ketemu di sebelah kanan ada hotel Garden. Nah dari situ belok kiri, nyampe deh di belakang hotel Grand Kemang. Tadinya kita sempet mau parkir di parkiran liar, tapi ternyata udah ditegur duluan, hehe.

Nyelononglah kita ke dalam hotel. (Iya. Nyelonong. Nggak nanya apa-apa dulu ke satpam or something else.) Begitu masuk, kita langsung disuguhin sama komik super-gede karya @bambangtoko (instagramnya). Awalnya, kita nggak ngerti dimana letak istimewanya komik ini karena ceritanya juga adegan kehidupan sehari-hari banget, biasa lah. (asik dah yani gaya banget mending bisa bikinnya). Apa istimewanya? Nanti deh ane ceritain..

Lanjut, ada sebuah limas segi empat yang ditaroh seenak jidat (wkwk) di tengah jalan. Limas itu dipilox item (keliatannya sih dipilox), gradasi ke atas paling atas itu putih. Next kita ngeliat ada lukisan yang kelihatannya sang perancang ini berusaha memadukan lukisan tradisional dan kontemporer, dengan menabrak langsung lukisan itu dengan cat-cat terang.

Singkat cerita ajalah yaa. Kita udah muter-muter di hotel itu. Dan kita udah nemuin sekian banyak karya yang mulai dari sulit dipahami sampe yang bikin ngakak pun ada. Dari realitas ke histori. Dari motian graphic sampe mural. Kita pun puas dan saatnya sesi foto di depan mural.. Sampai suatu ketika seorang bapak-bapak nyamperin kita. Nanya,
"Dari mana nih?"
"Universitas Mercu Buana, Pak."
"Ooh Mercu Buana, jurusan?"
"DKV"
"Apa tuh DKV?"
"Desain Komunikasi Visual, Pak"
"Ooh..Diskomvis. Kesini lagi ada tugas atau?"
"Nggak pak kita emang dikasih saran sama dosen aja."
"Ooh gitu, semester berapa?"
"Semester awal pak, hehe"
"Oalah, gitu. Kalian mau nggak saya ajak keliling sambil saya jelasin sedikit. Tapi sebentar aja ya. Biar kalian dapet meaning nya ke pameran ini.."
 
Dan waw! Kita tiba-tiba dipandu sama seorang yang belakangan ane tau itu adalah ketua panitianya XD. Kita diajak liat artwork dari fasad bangunan, ada juga anomorphic di sisi kanan pintu masuk, sampe ke pelosok-pelosok hotel yang kita nggak tahu ternyata disitu masih ada artworknya. Seneng banget bisa dapet kesempatan dipandu kaya gini. Daaan ternyata komik super-gede itu batik, lebih tepatnya dibuat dengan canting dan malam. Artwork itu udah laku. Seharga berapa ya? Lupa. Kalo nggak salah 40 juta apa.. *-* Fantastis yeah? Dan limas segiempat yang ane ceritain di awal itu emang kata nya sengaja untuk merespons ruang, tujuannya yaa cuma buat ngeganggu penglihatan aja.. (menurut penjelasan bapak ketua panitia).

Udah ah segitu aja reviewnya. Sekarang sesi poto, yang ane ambil dari berbagai sumber..

                                                 dari instagram @icadartura, ini kita ^-^

                                                      masih dari instagram @icadartura..

                                              artwork-artwork di ICAD 2014, dari fb temen

Mungkin segitu aja kali ya postingan ane. Semoga bermanfaat ^-^

2 komentar:

  1. Terima kasih telah mengunjungi ICAD 2014 dan berbagi pengalamanmu lewat tulisan ini. We love it :)

    BalasHapus
  2. sama-sama, terima kasih juga untuk pamerannya yang keren :D

    BalasHapus