...

Sabtu, 16 Maret 2013

Sedikit Cerita Tentang Humas

Assalamualaikum ^^

Udah lama nggak nge-post lagi. Sekarang ane mau berbagi pengalaman menjadi seksi Humas; Hubungan Masyarakat. Humas yang ane mau bahas kali ini bukan humas profesional, jangan ngebayangin kalo nanti kalian dapet cerita yang elit; keren, apalah itu. Ane mau ceritain gimana sih jadi humas sebuah acara punya anak SMA. Langsung aja ya..

Humas di acara ane punya beberapa tugas, yaitu; minta acc (tanda tangan) proposal dan mencari sponsor. Ane itu mau nyeritain yang cari sponsor aja ya. Gimana sih nyari sponsor buat acara kita?

Pertama; siapin modal awal kita: proposal sponsor. Proposal ini diusahakan dibuat semenarik mungkin, yaa minimal jangan pake kertas hvs 70 gram lah. Buat proposal sponsor ane pake kertas hvs warna 90 gram (biasanya merknya concorde). Itu satu pak concorde isinya 20 lembar, paling murah sekitar Rp 7.500.

Kedua; tentuin target sponsor. Usahakan cari yang relevan sama acara kita. Pengalaman ane, ane pernah nargetin perusahaan untuk jadi sponsor yang hubungan sama acara ane itu sedikit banget, hampir nggak berhubungan. Baru ane telefon untuk nanya-nanya...langsung ditolak saat itu juga. Padahal ngasih proposal aja belom -_-"

Ketiga; cari informasi tentang perusahaan yang jadi target sponsor kita. Minimal cari alamatnya di internet. Kalo banyak pulsa atau ada telefon di rumah bisa nanya-nanya dulu sedikit. Siapa tahu nggak usah repot-repot dateng ke kantornya, bisa lewat e-mail :D. Oia kalo mau nanya-nanya tanya juga apa aja yang harus diserahkan ketika mengajukan proposal. Ane pernah udah nysar-nyasar ke kantornya, eh gara-gara nggak ada sepucuk surat pernyataan, ane disuruh balik lagi bikin surat dulu baru ngajuin proposal :(

Keempat; serahin proposal ke kantor perusahaan tersebut. Menurut ane tahap ini tahap paling melelahkan sekaligus menyenangkan. Karena harus rela nyasar kesana-kemari, ngabisin ongkos, siap jalan kaki. Eh tapi kalo emang punya supir pribadi sih nggak papa :D. Jadi tinggal duduk manis menunggu sampai tujuan. Berhubung ane bukan orang kaya...jadi ane mengandalkan transportasi umum aja. Setelah sampai di kantor perusahaan tersebut, tanya satpamnya, dimana kita bisa mengajukan proposal sponsor. Kalo ane sih biasanya gini kalimatnya, "Mas, kalo mau ngasih proposal sponsor kemana ya?" Biasanya entar ditunjukin ke resepsionis atau bisa juga ke mailing room. Jangan lupa minta contact person yang bisa dihubungi dan berapa lama sampe kita bisa minta konfirmasi (apakah perusahaan tersebut mau jadi sponsor atau tidak).

Kelima; minta konfirmasi. Via telefon sih biasanya. Telefon kemana dan kapan kan sudah kita ketahui di tahap keempat. Kalo ditolak, yaa cari lagi. Kalo diterima..siap-siap negosiasi :D

Keenam; negosiasi bentuk kerjasama. Pastikan kita sudah mengetahui seluruh informasi tentang acara kita. Contoh; kerjasama sama perusahaan minuman, biasanya mereka masang stand kan? Nah ane pernah negosiasi sama perusahaan minuman..dan ane nggak tau harga standnya berapa, ukuran standnya berapa, yang udah masang stand siapa aja, disain standnya gimana...bodoh banget nggak?? XDD. Yaa cukup ane aja yang merasakan rasa malu saat nggak bisa jawab pertanyaan-pertanyaan tadi, hehe.

Mungkin sampe sini dulu tentang langkah-langkah nyari sponsor untuk acara kita. Karena..ane juga belum pernah ke tahap selanjut-lanjutnya :D hehe. Semangat cari sponsornya ya :D. Jangan pernah takut untuk nyasar-nyasaran, dan yang paling penting jangan pernah takut untuk bertanya. Mumpung masih muda, masih boleh salah, hehe :D. Dan....kalo nyoba-nyoba dalam hal positif ajaa, kayak nyoba-nyoba jadi humas, nyoba-nyoba bikin acara..jangan nyoba-nyoba ngerokok atau narkoba.

Semangat belajar berorganisasinya, ane salut sama orang yang aktif organisasi. Oke? Sip. Salam ukhuwah dan keep hamasah!! (y)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar