...

Kamis, 23 Mei 2013

Tips Agar Puasa Tak Terasa

Bismillah.

Assalamualaikum, kaifa haluk?? ;)
Well ane sekarang pengen ngebahas "Tips Agar Puasa Tak Terasa" mumpung lagi ayyamul bidh nih.. (23-25 Mei 2013)

Mungkin akhi ukhti semua pernah ngerasain puasa yang laparnya begitu terasa. Apalagi haus, beuh. Kalo udah laper biasanya males untuk ngapa-ngapain, justru di hari yang nilai ibadahnya lebih tinggi, yaitu di hari kita berpuasa. Ane nggak nyalahin kalo antum-antunna semua jadi males untuk beraktivitas saat berpuasa, karena emang begitu fitrahnya. Justru disitu ujiannya B)

Nah kalo udah males gitu yang ada kita rugi lah ya, harusnya bisa beribadah denan pahala yang lebih malah nggak. Lalu, gimana cara menyiasatinya?? Simak tips ala ane..

1. Niat yang lurus

Kapan antum-antunna berniat untuk puasa? Kalo ane pribadi sih biasanya pas kebangun jam 3, mau sahur dah disitu ane berniat. Kalo niat kita udah lurus mau puasa, insya Allah ampe sore kuat-kuat aja kok, walaupun cuma sahur segelas air putih (okey yang ini salah). Tapi itu fakta, akhi-ukhti (karena ane sendiri yang ngerasain, hehehe..). Lalu sebenernya gimana sih niat yang lurus itu? Kalo ane sendiri biasanya niat dalam hati aja, "saya mau puasa besok". Nah di situ bayangin deh. Dari masa dhuha (yang biasanya di sekolah ane lagi istirahat), sampe dzhuhur, sampe ashar, bayangin kalo antum nggak bakal makan apa-apa, apalagi minum. Kalo perlu bayangin juga di hari itu antum akan menjaga nafsu, menjaga pandangan, ibadah yang banyak. Kira-kira itu sih.

2. Hindari membayangkan makan-minum

Kalo yang ini udah jelas banget. Emang yang namanya ngebayangin doang bisa bikin laper, apalagi ngeliatin brosur pizza hut pas lagi puasa. Itu biasanya yang bikin makin laper.

3. Berdoa meminta kekuatan

Hal yang satu ini jangan sampe lupa. Karena biar kita udah usaha, tapi ga ada doa..yah..gimana ya. Kurang greget apa gitu. Bisa jadi semua usahanya bisa batal/tak berefek.

Udah itu aja sih tips dari ane. Semoga bermanfaat. Fyi, tips ini sudah terbukti pada ane. Ane kalo puasa itu biasanya males sahur (baca : makan nasi), jadi ane minum air putih aja deh XD (ketauan deh males masak ._.)

Sudah ya. Selamat berpuasa, semangat bayar utang, inget H-49 Ramadhan :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar