...

Minggu, 09 Maret 2014

Jawaban

bismillahirrahmanirrahim..

Aaaaaaaaaa!! X'D
Aaaaaalhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah.
Ane seneng pagi ini. Karena semua keresahan terasa terjawab.. Bukan terasa doang sih, emang beneran terjawab. (lupakan)

Udah baca blom postingan ane yang judulnya Mimpi? Yap, postingan ini mungkin lanjutan dari postingan yang itu. Kalo kemaren ane menyatakan keresahan ane untuk terjun ke dunia seni, sekarang tak lagi~~.

Ini semua berawal dari kekepoan ane yang sangat melunjak akan FSRD ITB. Yang akhirnya membawa ane ke blog seorang mahasiswi FSRD, yang membeberkan pengalamannya lolos SBMPTN, yang mana sangat berharga bagi motivasi ane sekarang. Singkat cerita, ane ngeask dia di ask.fm nya. Langsung aja yah ke pertanyaan-jawaban, check this out......

Q : kak masuk fsrd itb pas ujian nggak belajar dulu ya? kok bisa :v ... mauuuuu T.T

A : 'Nggak belajar' terus masuk ITB tuh kesannya jenius amat ya hahaha nggak gitu koook. Sebenernya gini, aku nggak nyiapin diri buat sbmptn. Jadi pas gagal snmptn baru heboh nyari buku latihan gitu, which is too late krn orang-orang udah belajar dan les segala macem dari berbulan-bulan yang lalu. Nah waktu itu aku lagi kerja kan, jadi otomatis waktu buat belajar juga nggak efektif. Mana mapel yang diujiankan itu beda sama yang diajarin di sekolah (SMK belajar IPSnya terpadu & matematikanya matematika teknologi). Jadi pas ujian aku cuma ngandelin belajar kebut semalem sama sisa-sisa kenangan UN setahun yang lalu.
Lagian keknya aku gak bakalan lolos kalo fakultas pilihannya bukan FSRD.Gituh. Loh. Dik.

Q : Hohohehe gitu ya kak. Intinya tetep belajar dulu ._. Nah. Di fsrd itu orang2nya kaya gimana aja kak?

A :  Iyalaah haha sama jangan nyepelein ibadah dan (paling utama) ridho orang tua. Terus banyak-banyaklah berbuat baik, menolong orang, jadi aura yang mengelilingi kamu juga positif terus. Tapi jangan berbuat baik karena niatnya biar lolos sbmptn loh ya, itu namanya pamrih. Ntar bukannya dapet berkah malah dosa kan.
Orang-orang di FSRD? Meheheh sama-sama manusia. Naon. Yaa cemacem pokoknya. Soalnya kita kan punya latar belakang yang beda-beda, jadi pola pikirnya juga beda-beda. Selain dari berbagai daerah, kita juga kan nyampur dari SMA-SMK, Negeri-Swasta, jadi emang variatif banget. Jenius semua sih kalo aku bisa bilang. Banyak hal bisa kamu dapetin cuma gara-gara ngobrol sebentar sama orang di sini. Ilmunya tumpeh-tumpeeh.Hehe you'll never know, man. Harus nyobain jadi anak (TPB) FSRD dulu baru bisa tau gimana atmosfernya.

Q : kalo ridho orang tua insya Allah udah ridho banget kak :') soalnya ortu ku ngebebasin gitu #curcol. Ngga kak..soalnya aku suka dikasih tau kalo cewek2 fsrd itu ada yg ngerokok T.T kan serem, aku itu orangnya cepet terpengaruh sm lingkungan, ntar kl aku ikutan ngerokok gimana T.T tapi gosip itu bener nggak sih ka?

A : Et et kepotong et kepotong.
Hmmm soal ngerokok, coba keluar deh dari stereotype cewek ngerokok itu nggak baik atau 'serem' kalo kata kamu. Kamu mungkin besar di lingkungan dimana cewek ngerokok itu nggak lazim, sama kok kayak aku. Tapi mau nggak mau pada saatnya kamu bakal keluar dari lingkungan itu dan harus adaptasi di lingkungan yang baru, dan itu mengharuskan kamu untuk open-minded. K e c u a l i kalo kamu mau hidup di situ-situ aja, kerja di situ-situ aja, kenal orang yang itu-itu aja, then stay safe inside your circle. Bahkan ketika kamu memutuskan untuk hidup di lingkungan yang di situ-situ aja, pada akhirnya kamu bakal 'dipaksa' buat keluar dari sana kok.Justru esensi dari hidup yang sebenarnya ada di sana, ketika kamu ketemu sama orang-orang yang dari awal kamu hindari, ketika kamu sadar kalau ternyata jenis manusia tuh nggak cuma kayak kamu dan temen-temen kamu dan tetangga kamu aja.Temen-temen cewek aku yang ngerokok juga nggak banyak lagi, dan mereka jauh dari kata 'nggak baik' dan 'serem'. Mereka sama aja kayak cewek biasa, cuma bedanya di ngerokoknya doang. Ngerokok itu kan pilihan, mereka juga udah tau kensekuensinya sebelum memutuskan untuk ngerokok. Plus, temen-temen cewekku yang ngerokok nggak pernah, sepanjang aku di TPB FSRD, ngajak-ngajak temennya buat ngerokok. Buat apa gitu. Mereka ngerokok ya ngerokok aja, bahkan suka ngehargain temen-temen yang nggak ngerokok kayak misalnya "Kalian nggak kuat asep ya? Ya udah aku ke sana dulu ya." Kalo kata aku sih sayang aja kamu harus berhenti bermimpi cuma karena takut sama cewek yang ngerokok, takut kebawa-bawa ngerokok. "Ikutan" atau enggak, itu pilihan kamu sendiri. Kalo nggak mau ikutan, lah ya jangan. Mereka juga nggak persuasif kok (kecuali kalo kamunya yang pengen coba-coba). Semuanya cuma tentang keteguhan hati (azek) dan prinsip. Kalo prinsip kamu kuat atau at least punya niat buat nggak ikut-ikutan, inshaa Allah nggak akan ikutan kok. Dan tanpa menyombong-nyombongkan almamater atau apa, temen-temenku di sini yang masuk ITB berarti udah melewati proses penyaringan dan ujian yang ketat, jadi pola pikirnya juga nggak sembarangan dong hehehe.Intinya (gila udah kayak bikin blogpost), coba keluar dari stereotype cewek ngerokok itu nggak baik. Mereka sama aja kayak cewek pada umumnya. Kedua, coba keluar dari comfort zone biar bisa tau kehidupan di luar tuh kayak apa. Ketiga, jangan gampang menyerah cuma karena hal kecil yang sebenernya kamu juga nggak tau dengan jelas 'hal kecil' itu wujudnya kayak gimana.OKEEEE? Semoga penjelasannya berguna ya, karena kalo nggak berguna buat apa aku ngetik panjang-panjang kan mendingan ngerjain nirmana ye gak (NGGAK SIH).Semangat buat kamu yang di sanah yang nggak tau siapah dan dimanah sedang berbuat apaah~

~end~

Sebenernya sih ane ngeask lagi. Cuma isinya cuma isi terima kasih doang kok. AAAAAAAAAAAA thanks to her, specially thanks. Karena jawaban-jawaban dari dia itu bener-bener membuat ane berpikir.. Iya juga ya, ane tuh udah 3 tahun sekelas sama anak-anak yang caur-caur (beda-beda orangnya, nggak itu-itu aja), masa' masih belom terbiasa juga? Emang yang ane pahami setelah 3 tahun bersama anak caur adalah, mereka itu pada dasarnya baik kok. Cuma di beberapa konsep aja yang beda, dan itu nggak berarti mereka jahat. (ngerti kan?) Kalo boleh kegeeran sih..Allah tuh emang sengaja masukin ane ke kelas yang anak-anaknya caur, gokil semua, biar ane terbiasa di FSRD ITB.. #halah. Ini mah GRnya nggak ngira-ngira ya? Hahaha XD. Yeah, apapun itu, sejujurnya ane punya feeling kuat bakal keterima di FSRD ITB tahun ini, cuma gatau lewat jalur mana. Kalaupun nggak, ane bakal tetep terjun ke dunia seni, insya Allah :')

Buat kalian yang mau nanya-nanya juga, nih link ask.fmnya : ask.fm/mirzca

Segitu aja deh postingan kali ini. Semoga bermanfaat~

PS : kak mirzca kalo baca postingan ini.. maaf ya kak aku anon, soalnya nggak punya account ask.fm.. dan nggak niat bikin juga. hehehe. thanks kak!! ohiya. jazakillah khairan kak, semoga Allah membalas kebaikanmu ;)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar